IP oh IP

Friday, January 8, 2010by Danty Soebandrijo | 0 comments | Labels: , ,

halo, apa kabar?
kalau saya sedang insomnia.. (siapa yang nanya)

hemm.. okeh sodara sekalian, sekarang gue mau berbicara tentang IP.
Hey, apakah IP itu? yang jelas IP adalah sebuah singkatan. Ya, singkatan dari sebuah kepanjangan. Yang pasti kepanjangan IP bukanlah Inem Pelayan [seksi], IP adalah singkatan dari Indeks Prestasi. IP menunjukan hasil dari studi kita selama kegiatan perkuliahan. Semacam rapor gitulah. (setidaknya ini definisi simpel menurut saya, kalau salah tolong direvisi).

baiklah, lanjut. Mengapa saya mengambil topik ini? Karena IP saat ini menjadi topik yang sedang hangat bak kue cucur baru diangkat di kampus saya. Setelah mengalami peristiwa yang cukup menguras keringat dan air mata juga uang (buat fotocopy, bukan nyogok) pada pertengahan desember lalu, minggu ini (akhirnya) terkuak berapa akumulasi nilai kami. Nilai-nilai tersebut terpampang dengan indahnya di website resmi UI yang memang kapasitasnya untuk mengatur segala hal baik kegiatan sampai administrasi perkuliahan bernama SIAK-NG (Sistem Informasi Akademis Next Generation). Satu yang menjadi pertanyaan, kenapa harus ada Next Geenerationnya ya?
ini nih wujudnya :


Nah, itu dia yang lagi hit dikalangan mahasiswa di kampus saya minggu-minggu ini. Selain pada update fb, twitter, atau jejaring sosial lainnya pasti juga pada update SIAK kemarin. Fakta membuktikan sebagian teman mengeluhkesahkan penampakan daripada nilai mereka yang tak kunjung timbul beberapa waktu lalu. Namun, mulai minggu-minggu ini satu persatu nilai pun menampakan batang hidungnya. Bak tersiram air panas (???) mahasiswa pun sontak mengakses website ini. Dan akhirnya banyak dari mereka yang pada detik ini telah tenang hidupnya karena telah mengetahui berapa IP mereka untuk semester ini.

Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih (eh bener ga sih?). Berbeda halnya dengan saya. Awalnya saya amatsangattidakpedulisekali atas nilai-nilai itu. Namun seorang teman membuat saya penasaran. Bahkan, saya tak tahu kalau untuk mendapat nilai harus mengisi EdoM (eveluasi dosen oleh mahasiswa) dulu. Dan saya baru tau (lagi-lagi) dari teman.

Yah pokoknya gitulah, nilai-nilai saya juga mulai muncul satu persatu. Hasilnya? RAHASIA PERUSAHAAN! Tapi sampai sekarang masih ada yang belum keluar sih nilainya, makanya saya belum tahu IP saya berapa.

Sepengintaian gue (via jejaring sosial berinisialkan facebook) ternyata banyak dari teman gue yang mendapat hasil yang amat sangat bagus. Huhuhuhu... jadi minder. Bahkan, seorang teman terdekat saya berinisial TD mendapat IP 3,6. Mimpi banget deh gue dapet segitu..

Tapi setidaknya saya harus tetap bersyukur. Pasalnya, ada satu mata kuliah yang awalnya saya ramalkan bahwa saya tidak lulus yaitu Ekonomika dan Pembangunan Sosial (EPS) ternyata malah lulus. Kenapa saya bisa berpikiran seperti itu? pertama karena saya ga ngerti, kedua karena saya suka bolos pelajaran ini (sampai batas maksimal bolos doang sih), dan yang ketiga saya selalu telat pas pelajaran ini. Gatau deh faktor yang ketiga itu ngaruh apa engga, tapi gue akui gue telatnya keterlaluan banget. Dan selalu diulangi setiap minggunya tanpa kapok walau gue udah kena sindir temen gue. Tapi ternyata dosennya, Pak SBA baik hati dan dermawan sekali. Saya mendapat nilai yang amat lumayan lah kalau menurut saya (dengan pertimbangan daripada gak lulus). Semoga Bapak selamat dan bahagia dunia akhirat Pak..

Nah sekarang gue tinggal nunggu 3 nilai lagi keluar, yani MPKT, Hukum, ama PIKS. Sebenarnya kemaren malem tuh nilai MPKT dan Hukum udah ada nilainya, tiba-tiba hilang begitu saja. Yah semoga pas nilainya kembali minimal tidak berubah dari yang kemaren gue lihat. Sukur kalo nambah. Hehehe..


Waduh, ini post nya jadi panjang betul. Maaf ya kalo bacanya pegel. Hehe..

Thanks for reading, Sayonara!!









0 comments:

Post a Comment